-->

5 Contoh Kearifan Lokal Kalimantan Timur

Ada 5 Contoh Kearifan Lokal Kalimantan Timur
5 Contoh Kearifan Lokal Kalimantan Timur

Sosiologi Info – Apa saja contoh kearifan lokal Kalimantan Timur yang ada dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya ? 

Nah sebelum mengenal contoh kearifan lokal tersebut. Mari simak penjelasan pengertian masyarakat, pengertian kearifan lokal di bawah ini. 

Memahami Pengertian Masyarakat 

Manusia yang mendiami suatu wilayah dan saling berinteraksi disebut dengan masyarakat. Masyarakat terbentuk akibat memiliki kesamaan dan tujuan. 

Masyarakat merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan masyarakat terikat oleh nilai-nilai kebudayaan dan norma. 

Masyarakat yang tinggal dalam waktu relatif lama akan menghasilkan suatu kebudayaan. Akibat akal pikiran yang dimiliki manusia. 

Memahami Pengertian Kearifan Lokal 

Kearifan lokal adalah nilai-nilai budaya lokal yang sering dianggap benar dan baik sehingga mampu diterapkan pada rentang waktu yang lama. 

Nilai budaya yang ada bisa menjadi warisan sosial dan kebanggaan serta menjunjung tinggi martabat bangsa

Kearifan lokal bisa disebut dengan kebudayaan yang sudah mentradisi di lingkungan setempat. 

Kearifan lokal terbentuk karena sifat alami manusia yang saling berinteraksi kemudian menghasilkan suatu adat istiadat dan tradisi masyarakat.

Tradisi masyarakat dijalankan secara turun menurun kepada generasi selanjutnya. Kearifan lokal mencakup sistem religi, Bahasa, ekonomi, teknologi, pendidikan, kesenian dan organisasi sosial.  

Kearifan lokal masing-masing daerah berbeda-beda tergantung pada sejarah daerah dan situasi serta kondisi masyarakat. 

Kearifan lokal memiliki paying hukum yaitu pada Pasal 18 B ayat (2)  dan Pasal 28 I ayat (3) UUD 1945. 

Selain itu juga sesuai dengan UU nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Berdasarkan ketentuan hukum diatas, pemerintah dan pemerintah daerah memiliki kewajiban menetapkan.

Dan melaksanakan kebijakan tentang cara pengakuan hukum adat di masyarakat dan kearifan lokal sesuai dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. 

Ada 5 Contoh Kearifan Lokal Kalimantan Timur

Berikut adalah contoh Kearifan Lokal Kalimantan Timur  sehari-harinya yaitu : 

1. Besangaar

Dalam Bahasa Dayak benuaq kenohan, besangaar ialah tolak balak. tolak balak ialah kegiatan mengusir pengaruh buruk dan hal-hal negatif serta menghindarkan desa dari penyakit/wabah. 

Dalam tradisi tolak balak ini menggunakan sesajen berupa makanan tradisional dan hewan sebagai bahan alam seperti ayam/babi. 

Roh-roh leluhur juga diundang dengan harapan membantu menghalau wabah. Tradisi ini dilakukan selama 2 hari dan melibatkan masyarakat. 

Adapun bahan yang digunakan untuk tradisi ini yaitu air dan pupur/bedak yang dibuat dari tepung beras yang nantinya digunakan untuk membasuh diri dan dipakai. 

Tetua adat membacakan mantra pada air yang nantinya disiram ke kepala masyarakat yang hadir. Air tersebut sebagai air pembersih diri agar suci kembali dan terhindar dari pengaruh buruk. 

Setelah itu setiap rumah akan diberikan pupur dan bendera kecil dengan harapan wabah/penyakit tinggal masuk dan menyerang anggota rumah. 

Pupur dioleskan pada dahi sebagai pelindung. Saat wabah covid-19 masyarakat setempat juga melakukan tradisi ini. 

2. Kampung Tenun Samarinda

Ciri khas samarinda ialah kain tenun dengan corak kotak-kotak yang indah. Sarung samarinda biasa disebut dengan tajong samarinda. 

Tajong adalah kain tenun tradisional yang proses pembuatannya menggunakan alat tenun non mekanis. Benang yang digunakan merupakan benang sutra yang diimpor dari cinta.   

3. Desa Budaya Pampang 

Merupakan destinasi wisata yang berada di dataran tinggi Apo Kayam yang letaknya berbatasan dengan Malaysia. 

Dataran tersebut bisa dijadikan tempat wisata karena mereka sangat menjaga budaya leluhur. Suku asli dataran ini yaitu Dayak Apokahan dan Dayak Kenyah. 

Wisatawan dapat mengunjungi desa ini dengan membayar tiket masuk Rp. 15.000. Mereka dapat melihat seni tari, rumah adat, seni rupa dan dapat berinteraksi langsung dengan warga desa pampang. 

Untuk kesenian seperti tarian tradisional dapat disaksikan setiap hari minggu. 

4. Rumah lamin 

Rumah adat yang dihiasi oleh ukiran-ukiran indah. Ukiran ini diletakkan pada dinding, tangga, pagar. Tujuannya untuk menolak bala. 

Masyarakat bergotong royong membangun rumah ini karena rumah ini seperti rumah panggung yang memanjang serta dihuni oleh beberapa keluarga. 

Rumah ini disangga menggunakan tiang-tiang tabung yang ditata pada bagian bawah rumah. Selain itu, kayu yang digunakan untuk membuat rumah lamin yaitu kayu ulin. 

5. Ulap doyo 

Tekstil tradisional yang memiliki ciri khas dan keunikan tertentu. 

Kain yang digunakan yaitu berasal dari serat daun doyo yaitu daun semacam pandan yang berserat kuat dan tumbuh liar di pedalaman Kalimantan. 

Daun ini dikeringkan dan disayat mengikuti arah serat daun hingga halus, lalu dijalin dan dilinting hingga membentuk benang kasar. 

Untuk warna pada tekstil ini  menggunakan pewarna alami dari tumbuhan. Untuk warna coklat berasal dari kayu uwar, sedangkan warna merah berasal dari buah glinggam. 

Motif yang digunakan pada kain ini yaitu flora dan fauna yang ada pada tepi sungai Mahakam. Proses pembuatan tekstil ini dilakukan secara turun temurun. 

Demikian pembahasan tentang apa saja contoh kearifan lokal Kalimantan Timur  yang ada dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya ? 

Nah sebelum mengenal contoh kearifan lokal tersebut. Mari simak penjelasan pengertian masyarakat, pengertian kearifan lokal di bawah ini. 

Penulis : Hilda Ayu 

Sumber Referensi Sosiologi Info : 

Syarifuddin. Buku Ajar Kearifan Lokal Daerah Sumatera Selatan. 2022. Sumatera Selatan : Bening Media Publishing

Purwaningsih, S. Pranata Sosial Dalam Kehidupan Masyarakat. 2020. Semarang : Alprin. 

Setyaningrum, Naomi Diah Budi. Budaya Lokal di Era Global. Jurnal Ekspresi Seni. 2018. Vol 20 (2). 

https://kaltimprov.go.id/berita/desa-budaya-pampang, diakses pada Selasa, 13 September 2022

mardika, I Made. Warisan Budaya Sebagai Ikon Pariwisata Dalam Rangka Kalimantan Timur Menjadi Ibu Kota Negara. Prosiding seminar nasional. Universitas Warmadewa. 

Uhai, Sabalius dkk. Kearifan Lokal Dayak Benuaq Kutai Barat Dalam Perayaan Tolak Bala Untuk Menangkal Dampak Covid-19. Prosiding seminar nasional univesitas mahasaraswati Denpasar. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !