-->

5 Contoh Kearifan Lokal Kalimantan Selatan

Ada 5 Contoh Kearifan Lokal Kalimantan Selatan
5 Contoh Kearifan Lokal Kalimantan Selatan

Sosiologi Info – Apa saja contoh kearifan lokal Kalimantan selatan yang ada dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya ? 

Nah sebelum mengenal contoh kearifan lokal tersebut. Mari simak penjelasan pengertian masyarakat, pengertian kearifan lokal di bawah ini. 

Memahami Pengertian Masyarakat 

Manusia yang mendiami suatu wilayah dan saling berinteraksi disebut dengan masyarakat. Masyarakat terbentuk akibat memiliki kesamaan dan tujuan. 

Masyarakat merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan masyarakat terikat oleh nilai-nilai kebudayaan dan norma. 

Masyarakat yang tinggal dalam waktu relatif lama akan menghasilkan suatu kebudayaan. Akibat akal pikiran yang dimiliki manusia. 

Memahami Pengertian Kearifan Lokal 

Kearifan lokal adalah nilai-nilai budaya lokal yang sering dianggap benar dan baik sehingga mampu diterapkan pada rentang waktu yang lama. 

Nilai budaya yang ada bisa menjadi warisan sosial dan kebanggaan serta menjunjung tinggi martabat bangsa.

Kearifan lokal bisa disebut dengan kebudayaan yang sudah mentradisi di lingkungan setempat.

Kearifan lokal terbentuk karena sifat alami manusia yang saling berinteraksi kemudian menghasilkan suatu adat istiadat dan tradisi masyarakat.

Tradisi masyarakat dijalankan secara turun menurun kepada generasi selanjutnya. Kearifan lokal mencakup sistem religi, Bahasa, ekonomi, teknologi, pendidikan, kesenian dan organisasi sosial.

Kearifan lokal masing-masing daerah berbeda-beda tergantung pada sejarah daerah dan situasi serta kondisi masyarakat.

Kearifan lokal memiliki paying hukum yaitu pada Pasal 18 B ayat (2)  dan Pasal 28 I ayat (3) UUD 1945. 

Selain itu juga sesuai dengan UU nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Berdasarkan ketentuan hukum diatas, pemerintah dan pemerintah daerah memiliki kewajiban menetapkan.

Dan melaksanakan kebijakan tentang cara pengakuan hukum adat di masyarakat dan kearifan lokal sesuai dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. 

Ada 5 Contoh Kearifan Lokal Kalimantan Selatan

Berikut adalah contoh Kearifan Lokal Kalimantan selatan sehari-harinya yaitu : 

1. Pasar Terapung 

Pasar terapung ialah konsep pasar/tempat transaksi jual beli perdagangan di atas perahu sehingga mengapung di sungai.

Awal mula terbentuknya pasar apung akibat belum adanya fasilitas angkutan darat dan banyaknya pemukiman warga yang berada di tepi sungai. 

Sungai dijadikan sebagai alat berinteraksi dengan masyarakat dan media transportasi. Sungai yang biasanya dibuat sebagai tempat pasar yaitu Sungai Barito, Muara Sungai Kuin, Sungai Lok Baintan.

Pasar apung dimulai setelah salat subuh hingga terbitnya matahari. Perahu yang digunakan ialah perahu jukung dan perahu klotok. 

Pedagang membawa barang dagangan dan menjual belikan disetiap rumah di tepi sungai. Selain itu, terkadang antar penjual saling barter/tukar menukar barang.

2. Itik alabio 

Itik ialah sejenis ungags air yang memiliki protein hewani. Alabio ialah salah satu kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan. 

Itik alabio ialah itik lokal yang dikembangkan dan dipelihara secara turun temurun. Nilai kearifan lokal dari itik alabio ialah kebersihan, pelestarian, kerapihan dan keamanan.

3. Manugal 

Tradisi menanam padi yang dilakukan oleh masyarakat adat Dayak. Tradisi ini termasuk dalam kearifan lokal sebab adanya pelestarian pengelolaan lingkungan. 

Manugal sendiri memiliki makna yaitu bertani dilahan kering/gunung. 

Proses manugal ini yaitu laki-laki menugal (membuat lubang dengan bantuan kayu yang ditancapkan ke tanah untuk benih). 

Sedangkan perempuan memasukkan benih padi ke lubang tugal. Lubang ini tidak ditutup tetapi dibiarkan terbuka.

Karena lama-lama lubangnya akan menutup sendiri akibat tertimbunnya tanah yang dipengaruhi oleh aliran air hujan. 

Sebelum menanam padi, masyarakat membakar dupa yang dibawa sambil mengelilingi lahan yang akan tanami padi sebanyak 3x sambil membaca mantra. 

Padi yang digunakan ialah padi dengan varietas tinggi, hal itu dilakukan sebab padi yang baik sangat bagus untuk lingkungan alam.  

4. Kain Sasirangan 

Kain terbentuk dari hasil kerajinan tangan masyarakat Banjarmasin dan merupakan kain yang digunakan untuk pakaian adat ketika upacara adat. 

Awalnya kain ini digunakan bagi orang-orang yang menginginkan adanya kesembuhan akibat penyakit yang ditimpanya. Seperti sakit perut, sakit kepala, bisul, demam, penyakit jiwa. 

Kain ini dibuat dengan cara tradisional mulai dari menggambar, mencelup dan mengeringkan. Motif yang digunakan ialah motif alam. 

Dengan adanya kearifan lokal ini mampu mendorong terbentuknya UMKM dan UKM untuk memajukan pertumbuhan ekonomi daerahnya.  

5. Soto Banjar

Soto merupakan makanan yang selalu ada dimana pun. Berbeda hal nya dengan soto banjar, soto ini memiliki kuah bening dan dimakan menggunakan ketupat. 

Ayam yang digunakan ialah ayam kampong bukan ayam potong sehingga kaldu ayamnya lebih terasa.

Kenapa disebut dengan soto banjar, sebab di provinsi Kalimantan selatan suku terbesar ialah suku banjar. 

Makanan merupakan kearifan lokal sebab diwariskan secara turun temurun dan setiap daerah pasti memiliki ciri khas makanan yang berbeda.

Demikian pembahasan tentang apa saja contoh kearifan lokal Kalimantan Selatan yang ada dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya ? 

Nah sebelum mengenal contoh kearifan lokal tersebut. Mari simak penjelasan pengertian masyarakat, pengertian kearifan lokal di bawah ini. 

Penulis : Hilda Ayu 

Sumber Referensi Sosiologi Info : 

Syarifuddin. Buku Ajar Kearifan Lokal Daerah Sumatera Selatan. 2022. Sumatera Selatan : Bening Media Publishing

Purwaningsih, S. Pranata Sosial Dalam Kehidupan Masyarakat. 2020. Semarang : Alprin.

Setyaningrum, Naomi Diah Budi. Budaya Lokal di Era Global. Jurnal Ekspresi Seni. 2018. Vol 20 (2).

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/, diakses pada Senin, 12 September 2022

Efendi, Muhammad dkk. Nilai Kearifan Lokal Tradis Manugal Masyarakat Dayak Meratus Kalimantan Selatan Pada Materi Geografi Bidang Lingkungan Hidup. Jurnal padaringan. Vol 2(2). 2020 

Nisa, Rukayatun dkk. Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Budidaya Itik Alabio Di Desa Mamar Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara Sebagai Bahan Pembuatan Booklet Untuk Bahan Ajar Biologi. Jurnal Pendidikan Hayati. Vol 7 (1). 2021. 

Aniah, Noor. Kain Sasirangan: KEARIFAN LOKAL KHUSUS MASYARAKAT BANJAR. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !