-->

16 Contoh Kearifan Lokal di Lampung

Ada 16 Contoh Kearifan Lokal di Lampung
16 Contoh Kearifan Lokal di Lampung

Sosiologi Info - Apa saja Contoh Kearifan Lokal di Lampung dalam masyarakat sehari-harinya di kehidupan warga Indonesia ? 

Mari simak pembahasan dan penjelasannya bisa juga sebagai bahan makalah kearifan lokal Lampung, dan contoh budaya Lampung, yuk baca.

Sekilas Pengertian Kearifan Lokal

Setiap manusia dalam kehidupan sosial akan punya identias sebagai ciri khasnya, dan sebagai pengenal yang berbeda diantara masyarakat lainnya. 

Baik secara individu maupun dalam kelompok masyarakat yang lebih luasnya. Identias ini bisa berupa budaya, tradisi, adat istiadat, lagu daerah, ajaran kebaikan, dan berbagai upacara adat di masyarakat.

Hal itu juga disebut sebagau sebuah kearifan lokal masyarakat, dikenal juga dengan sebutan sebagai Local Genius atau Local Wisdom. 

Nah terminologi Local Genius untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh tokoh Quaritch Wales, yang mengartikan sebagai kemampuan kebudayaan setempat.

Dalam menghadapi pengaruh kebudayaan asing pada kedua kebudayaan itu berhubungan. 

Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, memberikan pengertian kearifan lokal terdiri atas dua kata yaitu kearifan (wisdom) dan lokal (local). 

Dengan demikian, secara umum kearfian lokal mempunyai pengertian yang mana dapat dipahami sebagai suatu gagasan masyarakat setempat.

Yang biasanya bersifat untuk bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanam dan dilaksanakan atau diikuti oleh anggota masyarakat tersebut di dalam kesehariannya.

Nah itulah diatas sekilas pengertian dari kearifan lokal. Lantas bagaimana dan apa saja contoh dari kearifan lokal pada masyarakat di Lampung ?

Mulai dari kearifan lokal pada masyarakat Lampung Selatan, Lampung Barat, Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Lampung Utara.

Mari simak dengan membaca artikel ini mengulas tentang 10 kearifan lokal Lampung, ada juga kearifan lokal Lampung tentang Lingkungan, kearifan lokal Lampung selatan.

Nah ini bisa kamu jadikan sebagai bahan makalah kearifan lokal Lampung, tentang contoh budaya Lampung, kearifan lokal Lampung Pesisir, serta sebagai referensi untuk jurnal kearifan lokal Lampung.

Ada 16 Contoh Kearifan Lokal di Lampung

Beberapa penjelasan mengenai contoh budaya, atau adat istiadat, tradisi atau kebudayaan warga Lampung dalam kearifan lokal masyarakat di Indonesia, yaitu :

1. Keunikan Musik atau Lagu Daerah

Contoh kearifan lokal di Lampung yang ada pada masyarakat sebagai budaya lokal, yaitu lagu daerah. 

Lampung sendiri punya beberapa lagu daerah sebagai kearifan lokal yang punya ciri khas, yaitu ada lagu Sang Bumi Ruwa Jurai, Cangget Agung, Tanoh Lada. 

Serta berbagai lagu daerah yang ada di daerah Lampung, mulai dari Lampung Barat, Selatan, Timur, Utara, dan Tengah. 

2. Kearifan Lokal Pribahasa Lampung

Local wisdom yang ada pada masyarakat asli Lampung yaitu perihal adanya pribahasa yang digunakan sebagau adat budaya lokal yang unik dan punya ciri khas. 

Sesikun adalah merupakan pribahasa Lampung yang dikenal. 

3. Cerita Rakyat Lampung

Contoh kearifan lokal yang berasal dari masyarakat Lampung yaitu tentang adanya cerita rakyat Lampung atau dikenal dengan sebutan Warahan. 

Warahan itulah cerita rakyat lampung.

4.Puisi Masyarakat Lampung

Kemudian, dalam memunculkan identitas masyarakat yang unik, warga asli lokal di Lampung  di kenal dengan nama Paradinei atau Paghadini. 

Paradinei adalah berupa puisi Lampung yang biasanya akan digunakan dalam saat upacara penyambutan tamu.

Yang berlangsung di acara pesta pernikahan yang dilakukan secara adat budaya pada masyarakat Lampung.

Misalnya ada Papaccur, Papaccogh, Wawancan yakni berupa puisi yang mana digunakan untuk menyampaikan suatu pesan.

Dan nasihat dalam pelaksanaan upaca pemberian gelar adat atau adok. 

5. Petuah dan Ajaran Budaya Lokal

Tak hanya puisi, dalam kearifan lokal dan budaya masyarakat di Lampung ternyata ada juga namanya Bebandung. 

Bebandung adalah berupa petuah petuah atau ajaran ajaran yang berkenaan dengan Agama Islam.

6. Seni Tari

Kebudayaan masyarakat Lampung yang beragam salah satunya ada kesenian atau seni tari yang punya daya tariknya tersendiri.

Sebagai contoh kearifan lokal masyarakat Lampung. Seperti misalnya Tari Cangget adalah tarian rakyat Lampung. 

7. Pandangan Hidup Piil Pesenggiri atau Prinsip Kehormatan

Contoh kearifan lokal dalam Kehidupan masyarakat Lampung dalam aktivitas sosial dimana suku Lampung punya dan menganut suatu falsafah.

Atau pandangan hidup masyarakatnya yang tercermin dalam bahasa daerah Lampung yang sering disebut sebagai Piil Pesenggiri. 

Memiliki arti secara harfiah sebagai perbuatan maupun perangai manusia yang  agung dan luhur di dalam nilai serta maknanya. 

Falsafah inilah yang patut diteladani serta pantang untuk diingkari atau tidak dilaksanakan bagi masyarakat asli suku Lampung. 

8. Bujuluk Adek atau Prinsip Keberhasilan

Kearifan lokal budaya yang ada di Lampung satu ini adalah Bejuluk (Juluk) Adek yang mana diartikan sebagai nama.

Atau gelar yang diberikan kepada seseorang teruntuk yang belum menikah. Sementara beadek atau adek artinya sebagai gelar yang diberikan kepada seseorang.

Karena telah dewasa dan berumah tangga, dimana yang diresmikan melalui berbagai upacara adat masyarakat Lampung. 

Kearifan lokal yang ada dalam kehidupan sehari hari masyarakat Indonesia khususnya di Lampung itu adalah gelar yang merupakan simbol status keadatan. 

Simbol itulah yang selalu dipertahankan dan dipertanggungjawaban agar tidak mendapatkan suatu tanggpan tidak baik dari lingkungan masyarakat. 

Nah dengan demikian, bagi seseorang yang telah mempunyai gelar adat itu mempunyai tuntutan untuk dapat.

Menjadi contoh dalam memberikan teladan kebaikan, kesusilaan dan panutan bagi lingkungan masyarakat. 

Seseorang itu harusnya dapat bersikap dan bertingkah laku yang sesuai terhadap nilai, norma yang berlaku dan dipercayai masyarakat. 

Contoh kearifan lokal Lampung bejuluk beadek punya pengertian tentang ajaran tatakrama suatu kehidupan yang diwujudkan.

Dalam bentuk dan kaidah kesusilaan, kepercayaan, sopan santun, dan hukum yang berlaku di dalam masyarakat tersebut.

9. Nemui Nyimah atau Prinsip Penghargaan

Selanjutnya contoh kearifan lokal dan budaya masyarakat Lampung yaitu Nemui Nyimah. Arti Nemui Nyimah adalah bermurah hati, dan ramah tamah terhadap semua orang. 

Baik yang ada di dalam kelompok atupun orang yang berada di luar kelompok atau kerabatnya tersebut. 

Cerminan dari budaya dan tradisi inilah bagian dari kearifan lokal di Lampung. 

Dimana makna Nemui Nyimah yaitu mudah tersenyum, mudah menerima tamu atau orang lain, dengan berbagasa yang sopan dan santun. 

Dengan memperlihatkan raut wajah atau muka ramah. 

Nah dengan demikian, kearifan lokal masyarakat Lampung ini sebagai ajaran toleransi dan sifat terbuka akan hal baru dan kepada adanya orang lain. 

10. Nengah Nyappur atau Prinsip Persamaan

Contoh kearifan lokal dan budaya masyarakat Lampung selanjutnya yaitu ada Nengah Nyappur. 

Dimana untuk Nengah artinya suka berkenalan dengan orang lain, siapapun. Kemudian untuk Nyappur artinya berkenalan atau bersahabat, atau pandai bergaul di dalam lingkungan masyarakat yang tersebut dalam kesehariannya. 

Dengan demikian, Nengah Nyappur memiliki pengertian sebagai tata pergaulan masyarakat dengan membuka diri dalam suatu pergaulan antara sesama individu.

Atau kelompok masyarakat. Dalam pergaulan, begitu juga untuk berpengetahuan luas, ikut serta dalam berpartisipasi terhadap berbagai kegiatan positif dan yang baik.

Serta membawa dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Kebudayaan ini mengharuskan diri untuk dapat berbaur dengan sesama.

Dan memberikan sumbangan pikiran atau giat demi kesempurnaan hidup bersama di dalam masyarakat. 

Poin penting yang menjadi inti dari ajaran ini adalah keserasian antara kepentingan pribadi dengan kepentingan umum di dalam masyarakat yang harus disesuaikan.

11. Sakai Sambaian atau Prinsip Kerjasama

Contoh kearifan lokal dalam masyarakat Lampung selanjutnya yaitu mengenai Sakai Sambaiyan. 

Budaya dan tradisi ini punya arti yaitu Sakai memiliki pengertian tolong menolong sesama diantara silih berganti. 

Sementara Sambaiyan (sesambai) memiliki pengertian gotong royong dalam mengerjakan sesuatu yang sangat berat dan besar. 

Dengan demikian kearifan lokal Sakai Sambaiyan pengertiannya tentang gotong royong dan tolong menolong.

Saling bahu membahu dan memberikan suatu kepada orang lain yang membutuhkan seperti bantuan materil, moril, pikiran dan sejenisnya. 

Inilah cara kekeluargaan yang dilakukan sebagai wujud kerja sama sesakaian atau tolong menolong.

Dan sesambaian atau bergotong royong dalam setiap menghargai suatu pekerjaan yang berat dalam kegiatan atau aktivitas masyarakat.

12. Upacara dan Tradisi Gawi

Contoh kearifan lokal ini adalah berupa suatu ritual yang mana dilakukan sebagai bentuk rasa syukur terhadap sesuatu hal. 

Misalnya seperti adanya pernikahan, kelahiran anak, dan peristiwa atau pun kejadian penting lainnya di dalam masyarakat. 

Nah tradisi ini dimiliki oleh warga Lampung dengan bermarga Bunga Mayang Sungkai. Dimana untuk pelaksanaan upacara dilaksanakan selama kurang lebih 10 harian. 

Ada hal unik yang dilihat pada tradisi upacara ini, yaitu para tamu membawa suatu persembahan misalnya ada sapi, telur, kerbau, atau amplop yang berisikan uang. 

Memang tak sembarangan orang dapat melakukan tradisi ini, karena terbilang membutuhkan biaya yang besar dan tidak sedikit untuk pelaksanaannya tersebut.

13. Tradisi Kukhuk Limau

Contoh kearifan lokal yang ada di Lampung ini yaitu teruntuk bagi warga adat Papadun Buay Nuban. 

Dimana budaya ini mengiringi prosesi kehamilan yang tengah dijalani oleh perempuan. Tradisi ini bagi warga adat Pepadun Buay Nabun di Lampung wajib dilaksanakan. 

Tujuan dari tradisi ini yaitu diharapkan agar orang tua mendapatkan keturunan atau anak yang sesuai dengan keinginannya. 

Ada tiga tahapan dalam melaksanakan tradisi Kukhuk Limau yaitu pertama tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penutupan. 

Nah pada saat tahap persiapan, dimana utusan dari keluarga ibu yang hamil ia akan pergi ke tokoh dan mempersiapkan bunga tujuh macam, ada rotan, jeruk purut, dan perlengkapan lainnya. 

Kemudian, dalam melaksanakannya, dimana tokoh yang dijumpai tersebut, akan membacakan ayat Suci Al-Qur'an serta menjelaskan beberapa pantangan atau larangan yang tidak boleh dilakukan. 

Misalnya seperti tidak boleh tidur pada siang hari, tidak boleh keluar rumah pada saat Dzuhur dan Magrib. 

Selanjutnya juga tidak boleh duduk di tanah, tidak boleh makan buah yang bergetah, serta berbagai larangan untuk ibu hamil tersebut.

14. Tradisi Tayuhan

Contoh kearifan lokal atau budaya serta tradisi di masyarakat Lampung yaitu ada Tradisi Tayuhan. 

Dimana pengertian dari Tayuhan adalah upacara adat yang mana dilangsungkan oleh keluarga besar dalam merayakan suatu pernikahan.

Saat menerima hasil panen yang berlimpah, acara khitanan, serta ada untuk pembangunan rumah, serta acara penting lainnya.

15. Budaya Ngumbay Lawok

Tradisi atau kebudayaan Ngumay Lawok dilakukan oleh masyarakat atau warga Lampung Pesisir, atau mereka/masyarakat yang berada di daerah pesisir. 

Tujuan dari upacara ini adalah sebagau wujud dan ungkapan rasa syukur yang diberikan atas hasil laut yang melimpah serta untuk memohon keselamatan saat warga pergi melaut. 

Nah untuk hewan yang dikorbankan atau dipersembahkan pada saat gelaran tradisi upacara Ngumbay Lawok adalah kerbau.

Itulah simbol rasa ungkapan terima kasih dan syukur para nelayan. Nah itulah sebagai contoh dari kearifan lokal Lampung Pesisir.

16. Tradisi Belangiran Jelang Bulan Suci Ramadhan

Inilah salah satu contoh dari kearifan lokal masyarakat di Lampung, yaitu mengadakan tradisi Belangiran jelang bulan suci Ramadhan, yaitu kegiatan mandi bersama. 

Tujuannya adalah memiliki makna untuk penyusian diri seseorang, dan untuk upaya mempererat silahturahmi antar masyarakat disana. 

Setelah melakukan mandi bersama maka selanjutnya akan dilakukan pembacaan doa dan makan bersama. 

Kemudian, masyarakat juga, setelah upacara berlangsung, akan berbondong-bondong menceburkan dirinya ke sungai. 

Selanjutnya, warga membasuh wajah dengan air yang mana sudah dicampur merang padi yang telah dibakar, ada bunga, dan jeruk nipis disana.

Demikianlah pembahasan dan penjelasan mengenai topik materi tentang Ada 16 Contoh Kearifan Lokal di Lampung. 

Semoga membantu dalam memberikan pembahasan 10 kearifan lokal Lampung, ada juga kearifan lokal Lampung tentang Lingkungan, kearifan lokal Lampung selatan.

Nah ini bisa kamu jadikan sebagai bahan makalah kearifan lokal Lampung, tentang contoh budaya Lampung, kearifan lokal Lampung Pesisir, serta sebagai referensi untuk jurnal kearifan lokal Lampung.

Sumber Rujukan Sosiologi.info :

Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Lampung Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI MAN I Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017

Penulis oleh Ithfa Harum Eka Pratiwi, Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, 2018 | http://lib.unnes.ac.id/35411/1/3101412030_Optimized.pdf

https://www.idntimes.com/life/inspiration/anoraga-ilafi/tradisi-lampung-c1c2/5, diakses pada Rabu, 16 Februari 2022

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !